Thursday, May 17, 2007

Jika Feng Shui ‘Berbicara’ di Kantor Anda

Feng shui. Apa yang terlintas di benak Anda saat mendengar kata yang kental nuansa orientalnya ini? Mungkin mulai dari tata letak ruangan, barang-barang yang dipajang, sampai arah masuk sinar langsung terbayang di kepala Anda.

Metodologi peramalan serta analisa tata letak ruang yang aslinya berasal dari negeri panda ini memang semakin populer dalam masyarakat kita juga. Aturan feng shui seringkali dijadikan pedoman dalam menata ruangan, dipercaya agar segala hal berjalan dengan baik bila ikut aturan ini. Ragamnya pun mulai dari peruntungan sampai kesehatan dan jodoh.



Feng shui tidak saja dapat diterapkan di rumah lho, karena pada ruangan Anda di kantor pun, feng shui juga bisa membawa pengaruh harmonisasi karir. Percaya ataupun tidak percaya, yang jelas, bila Anda penasaran dan ingin membuktikan sendiri, beberapa ‘aturan’ di bawah bisa menjadi pedoman untuk mengatur ruangan kantor ala feng shui.
Bentuk Meja. Meja berbentuk L tidak bagus untuk perkembangan karir Anda di kantor. Selain itu sebaiknya pilihlah ukuran meja 150 cm x 85 cm.

Cahaya. Cahaya diyakini dapat mengaliri energi atau kekuatan pada tubuh dan pikiran Anda saat bekerja. Letakkan posisi meja kerja ke arah datangnya cahaya.
Posisi Duduk. Sebaiknya jangan duduk dengan posisi membelakangi rak buku yang tidak memiliki pintu. Rak jenis ini akan menyerap semua energi kreatif Anda (chi). Dipercaya jika posisi duduk Anda seperti ini maka kreatifitas Anda juga akan terhalang.
l Duduk menghadap dinding atau membelakangi jendela, juga dianggap akan berpengaruh buruk pada peruntungan Anda di kantor. Kalau memang posisi Anda tidak bisa dirubah, akali dengan memasang lukisan atau gambar pada dinding yang Anda belakangi. Letakkan cermin kecil di di atas komputer atau di atas meja, ini dipercaya dapat memantulkan kembali pengaruh buruk dari jendela bisa dihindari.
l Untuk Anda yang duduk membelakangi ‘area sibuk’, misalnya ruang meeting ataupun meja kerja rekan yang lain, sampirkan jaket pada sandaran kursi yang Anda duduki. Ini diyakini berfungsi melindungi Anda dari hal-hal yang tidak nyaman.
Di Atas Meja. Letakkan komputer di atas meja dengan posisi senyaman mungkin. Aksesoris yang berlebihan di atas meja, terutaman dengan warna-warna mencolok seperti merah, orange, biru atau ungu dipercaya dapat menyerap energi positif dari komputer.
l Senang memajang foto? Letakkan pigura di sisi kanan meja serta pilihlah foto-foto ceria dengan orang-orang terdekat Anda untuk meningkatkan gairah kerja.
l Jangan meletakkan telepon ditempat yang sulit dijangkau karena akan menimbulkan ‘chi’ negatif yang menimbulkan rasa tidak nyaman.
Letakkan file penting di sebelah kiri meja Anda untuk memacu energi yang dapat memperlancar prestasi kerja.
l Letakkan alat-alat tulis Anda dalam vas bunga dan segelas air minum karena dipercaya benda tersebut dapat meningkatkan produktifitas. Di sebelah manapun Anda meletakkan keduanya (alat tulis dan air minum) dapat meningkatkan kreatifitas Anda.

Jadi, percaya tidak percaya, kalau sudah penasaran, kenapa tidak dicoba?

Sumber Hanyawanita.com

No comments: