Wednesday, May 9, 2007

Masa Percobaan Bukan Untuk 'Coba-coba'

Baru saja diterima bekerja di perusahaan yang selama ini Anda idamkan? Bila sudah bicara tentang pekerjaan baru, tentunya Anda juga tidak akan bisa lepas dari adaptasi dan pembuktian. Terutama bagi Anda yang harus melewati probation alias masa percobaan dulu.

Lazimnya masa percobaan ditetapkan selama 3 bulan pertama. Bila dalam masa 3 bulan pertama ini Anda tidak bisa membuktikan diri dan perform dengan baik ataupun memenuhi target, biasanya pilihan yang dilontarkan adalah mengalami lagi masa percobaan untuk beberapa bulan selanjutnya, atau kontrak tidak dilanjutkan.

Semua pasti ingin langsung diangkat jadi karyawan tetap setelah melalui masa percobaan, termasuk Anda. Sebelum Anda masuk bulan demi bulan, sebaiknya dari hari pertama di bulan pertama, Anda sudah menyiapkan diri. Apa saja yang bisa dilakukan?
Pada bulan pertama, sudah pasti Anda harus memperkenalkan diri terlebih dahulu. Pro aktif-lah dan buka diri Anda dengan sikap bersahabat. Jangan pasif dan menunggu untuk disapa terlebih dulu, serta jangan ragu bertanya bila ada yang tidak dipahami. Selain membuktikan bahwa skill, pengalaman dan kecerdasan Anda memang bisa menunjukkan perfomance prima, jangan remehkan sosialisasi. Waktu makan siang adalah saat yang sangat tepat, karena disini Anda dapat membaur dalam suasana lebih santai dengan rekan kerja.
Di bulan kedua tentunya Anda kurang lebih sudah mulai mengenal rekan-rekan, termasuk tentunya kebiasaan bos Anda. Mereka pun sudah mulai dapat menilai performa kerja Anda. Memuaskan atau tidaknya hasil kerja Anda, tentu tak akan luput dari penilaian. Bulan hitungan kedua ini, jangan biarkan diri Anda terlena. Usahakan untuk rajin masuk kantor, jangan bolos bila memang tidak benar-benar sakit, apalagi sampai menolak tugas yang diberikan. Perhatikan tenggat waktu dan target tugas, pastikan sesuai dan dengan hasil memuaskan.
Bulan ketiga ini, Anda sudah semakin tahu seluk beluk dan budaya perusahaan, karakter bos dan rekan-rekan. Tidak ketinggalan, Anda pun sudah harus semakin menguasai job desc Anda. Untuk pembuktian diri, bulan ketiga ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Beranikan diri Anda untuk menerima tantangan, misalnya menawarkan diri untuk mengerjakan ataupun bergabung dalam tim yang mengerjakan proyek sulit. Selain Anda bisa membuktikan kompetensi, Anda juga bisa menyerap banyak pelajaran dari mereka yang sudah biasa mengerjakannya.
Yang jelas, jangan pernah ada kata 'berhenti' untuk terus menggali dan meningkatkan kompetensi diri. Masa percobaan hanyalah sebuah proses dalam rintisan karir Anda. Bila sudah mantap, posisi karyawan tetap pun berada di tangan Anda.

Sumber Hanyawanita.com

No comments: