Wednesday, May 9, 2007

Anaka Baru VS Senior

Baru masuk kerja? Pasti dong deg-degan ketemu dengan orang-orang baru, Anda pun dituntut untuk cepat beradaptasi dengan lingkungan baru. Rekan kerja pun kini berubah tidak seperti dahulu lagi.
Ibaratnya kini Anda sedang berada di tengah-tengah orang asing dan harus berjuang agar kehadiran Anda dapat diterima.Memang itulah salah satu resiko yang harus dijalani jika Anda pindah kantor atau baru masuk dunia kerja. Salah satu yang mengganjal jika Anda baru masuk ke dalam lingkungan baru adalah berhadapan dengan yang namanya “senioritas”.

Hampir semua kantor, sering kali Anda jumpai yang namanya senioritas bukan? Coba deh Anda lihat sekeliling kantor, jangan-jangan Anda pun mengalami yang namanya senioritas?

Senioritas kadang menjadi jurang pemisah yang membuat suasana kerja menjadi tidak menyenangkan. Rekan kerja senior merasa dirinya lebih berpengalaman, walaupun posisi Anda sama atau bahkan lebih tinggi darinya. Bagaimana ya caranya agar Anda dapat ‘merangkulnya’?

z Bersikaplah terbuka

Jangan ragu untuk bertanya kepada senior Anda jika mengalami kesulitan. Jika Anda mempunyai jabatan yang lebih tinggi darinya, tidak ada salahnya juga untuk menanyakan hal-hal yang tidak dimengerti. Wajar jika Anda banyak bertanya karena Anda anak baru di kantor.

z Hargai senioritasnya

Tunjukkan ketertarikan dan minat Anda untuk mendengarkan pengalaman atau pendapat-pendapatnya. Anda bisa kok belajar dari pengalamanya, maklumlah mereka kan lebih lama bekerja jadi tau betul seluk beluk kantor. Dengan begitu, dia merasa dihargai dan cenderung untuk selalu membantu Anda.

z Hindari memancing perdebatan

Perbedaan pendapat adalah hal yang lumrah terjadi, setiap manusia kan mempunyai pemdapat yang berbeda-beda. Usahakan perbedaan pendapat itu tidak menjadi suatu perdebatan. Bila terjadi perbedaan pendapat, tahan diri Anda untuk tidak berdebat di depan rekan kerja yang lain. Usahakan untuk tidak membantah pendapatnya. Sampaikan pendapat Anda dengan sopan dan tidak membuatnya merasa digurui.

Sudah tidak takut lagi dong, jika Anda pindah kantor dan bertemu dengan rekan-rekan kerja baru. Apalagi sekarang Anda sedang berhadapan dengan masalah “senioritas”.

Sejalan dengan waktu pasti semua itu akan mencair, ya kan..

Sumber Hanyawanita.com

No comments: